Pesawat Udara
Posted on by ranggaarch
Mungkin bagi kita yang awam tentang penerbangan memiliki anggapan
bahwa ruang kemudi (cockpit) pesawat udara merupakan ruang kontrol yang
menakutkan, membingungkan, karena penuh dengan instrumen-instrumen yang
kita tidak tahu artinya. Berikut adalah dua contoh gambar cockpit
pesawat, yaitu 1 dari perwakilan pesawat ringan (Cessna 172) dan 1
pesawat berat (Boeing 747-400).
Kita akan membahas pada obyek bahasan Cessna 172 saja. Untuk 747-400 anda dapat mengikuti training-training di maskapai penerbangan jika anda berminat menjadi pilot 747.
Pada main panel Cessna 172 saya hanya akan membahas instrument dasar dan paling penting dalam penerbangan sesuai judul posting ini.
Instrument paling dasar dan paling penting pada pesawat udara ada 4, yaitu:
Kita akan membahas pada obyek bahasan Cessna 172 saja. Untuk 747-400 anda dapat mengikuti training-training di maskapai penerbangan jika anda berminat menjadi pilot 747.
Pada main panel Cessna 172 saya hanya akan membahas instrument dasar dan paling penting dalam penerbangan sesuai judul posting ini.
Instrument paling dasar dan paling penting pada pesawat udara ada 4, yaitu:
- Airspeed indicator (indikator kecepatan terhadap udara)
- Heading indicator (indikator arah)
- Attitude indicator (indikator perilaku pesawat terhadap cakrawala)
- Altimeter (indikator ketinggian terhadap permukaan laut)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar