spring Tab
Aircraft Tab
Document Transcript
- 1. PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 29
BIDANG STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI DAN REKAYASA
Jl. Prof. Jokosutono, SH. No. 1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan
E-mail : smtpenerbangan@yahoo.co.id Website : www.smkn29jkt.sch.id
November 2013
AIRCRAFT TAB
AFC
XI ap-1
Nama
: mukhamad mardiansyah
No. absen : 27
- 2. Aircraft Tab
A. Definition of Tab
Tab adalah sebuah airfoil
tambahan kecil berengsel ke
control surface (sebagai trailing
edge)
untuk
membantu
menstabilkan pesawat dalam
penerbangan.
Tab berfungsi untuk mengatur
tekanan yang harus dikeluarkan
saat memposisikan sudut tanjak/
tukik. Tab diatur didalam kokpit
oleh roda yang bisa diatur kedepan dan kebelakang.
Pada pesawat ringan atau kecil, permukaan kontrol yang disebutkan di
atas digerakkan oleh tenaga pilot. Setiap permukaan kontrol terhubung
langsung ke kolom kontrol atau pedal kemudi dengan serangkaian kabel dan
katrol atau batang. Dalam suatu sistem kontrol kolom kontrol dapat
memindahkan permukaan kontrol, tetapi permukaan kontrol juga dapat
memindahkan kolom. Ini disebut kontrol reversibel.
2
- 3. B. Types of Tab
1. Trim Tab
Trim tab berukuran kecil
yang terhubung ke permukaan
trailing edge dari control surface
yang lebih besar pada pesawat, yang
digunakan untuk mengontrol trim
dari kontrol, yaitu untuk mengatasi
gaya hydro-atau aerodinamis dan
menstabilkan pesawat dalam sikap
tertentu yang dikehendaki tanpa
perlu
untuk
operator
terus
menerapkan gaya kontrol. Hal ini dilakukan dengan menyesuaikan sudut
tab relatif terhadap permukaan yang lebih besar.
Beberapa pesawat memiliki tab trim pada ketiga control surface
yang disesuaikan dari kokpit, yang lain memilikinya hanya di lift dan
kemudi, dan beberapa memiliki hanya di lift. Beberapa trim tab adalah tipe
ground-adjustable saja.
3
- 4. Banyak pesawat (termasuk glider) memiliki tab trim pada
elevator
mereka, sebagai sebuah metode sederhana memberikan trim pada pitch
axis. Semua pesawat harus memiliki sistem untuk memastikan trim pitch
axis, meskipun metode selain trim tab dapat digunakan. Alternatifnya
termasuk :
a. Pegas termasuk dalam sistem kontrol yang dapat disesuaikan dengan
pilot;
b. Dalam kasus elevator, horizontal stabilizer semua yang bergerak yang
posisinya dapat diatur dalam penerbangan oleh servo tab atau antiservo
tab;
c. Pada beberapa pesawat, beberapa berat bahan bakar dapat digeser
antara tangki selama penerbangan untuk mengurangi aerodinamik lift
induced drag.
Penggunaan trim tab secara signifikan mengurangi beban kerja pilot
selama manuver terus menerus (misalnya: mendaki terus menerus untuk
ketinggian setelah lepas landas atau keturunan sebelum landing), yang
memungkinkan mereka untuk memusatkan perhatian mereka pada tugastugas
lain seperti menghindari lalu lintas atau komunikasi dengan kontrol
lalu lintas udara.
2. Servo Tab
Sebuah servo tab
adalah
perangkat
berengsel kecil yang
terpasang pada control
surface pesawat untuk
membantu pergerakan
control surface.
Servo tab bergerak dalam arah yang berlawanan dari control
surface. Tab memiliki keunggulan leverage, yang juga terletak memanjang
4
- 5. dari garis engsel permukaan sehingga dengan demikian dapat
membelokkan control surface dalam arah yang berlawanan. Hal ini
memiliki efek mengurangi kekuatan kontrol yang diperlukan oleh pilot
untuk memindahkan kontrol.
dalam kasus beberapa pesawat besar tab servo adalah satu-satunya
kontrol yang terhubung ke tongkat pilot atau roda, seperti di Bristol
Britannia dan turunannya Kanada. Pilot menggerakkan roda yang
bergerak tab servo dan kemudian tab servo, menggunakan keuntungan
mekanis nya, bergerak elevator atau aileron, yang dinyatakan bebas
mengapung. Dengan varian servo-tab bernama "diarahkan semi tab", pilot
mampu "untuk manuver kendaraan seberat 300,000 pounds terbang pada
kecepatan udara dari 300 mil per jam atau lebih".
3. Anti - Servo/Balance Tab
Sebuah tab anti-servo, atau tab
anti-balance, bekerja dengan cara
yang berlawanan dengan tab servo.
Hal ini menyebarkan dalam arah
yang sama sebagai control surface,
membuat pergerakan control surface
yang lebih sulit dan membutuhkan
lebih banyak kekuatan diterapkan
pada kontrol oleh pilot. Hal ini
mungkin tampak kontra-produktif,
tetapi biasanya digunakan pada
pesawat di mana kontrol yang terlalu terang atau pesawat membutuhkan
stabilitas tambahan dalam sumbu gerakan. Tab anti-servo berfungsi
terutama untuk membuat kontrol berat dalam merasa pilot dan juga untuk
meningkatkan stabilitas.
4. Servo Tab and Anti-Servo Tab
Cara lain untuk mengubah jumlah tenaga pilot adalah melalui tab
servo dan anti-servo. Dalam sistem ini kolom kontrol langsung terhubung
ke permukaan kontrol (seperti C-172) tapi tab diarahkan untuk
pergerakan permukaan kontrol sehingga membantu pergerakan kontrol,
atau counter gerakan kontrol. Dengan demikian, kontrol dapat dibuat lebih
berat atau lebih ringan daripada yang seharusnya.
5
- 6. 5. Balanced Tab
Kekuatan kontrol mungkin
yang terlalu tinggi di beberapa
pesawat, dan, dalam rangka
mengurangi itu, produsen dapat
menggunakan
tab
balance.
Mereka tampak seperti tab trim
dan berengsel di sekitar tempat
yang sama sebagai tab trim. Perbedaan penting antara keduanya adalah
bahwa tab balancing digabungkan ke batang kendali permukaan sehingga
ketika control surface utama dipindahkan ke segala arah, tab secara
otomatis menggerakkan ke arah yang berlawanan. Aliran udara mencolok
tab kontra menyeimbangkan beberapa tekanan udara terhadap control
surface utama, dan memungkinkan pilot untuk bergerak lebih mudah dan
tahan control surface dalam posisi.
6
- 7. Jika hubungan antara tab balance dan permukaan tetap disesuaikan
dari kabin pesawat, tab berperan sebagai trim kombinasi dan tab balance
yang dapat disesuaikan untuk setiap defleksi yang diinginkan.
6. Spring Tab
Sebuah
tab
yang
bertindak sebagai servotab
tetapi di mana sebuah pegas
tergabung
dalam
linkage,
memungkinkan posisi tab yang
akan bervariasi sesuai dengan
gaya tongkat yang diterapkan. Di bawah beban penerbangan normal, tab
pegas tidak memiliki peran untuk dimainkan dan tetap efisien untuk
control surface. Namun, ketika beban udara yang tinggi dan kekuatan
besar yang dibutuhkan untuk memindahkan control surface, tab pegas
bergerak ke dalam arah yang berlawanan dengan yang ada pada control
surface pada yang sudah terpasang, dan ini membantu pilot dalam
menggerakkan control surface.
C. Activation Control of Tab
1. Simple Control
Sebuah
kabel mekanikal
sederhana dapat
kita
temukan
pada
pesawat
Cessna
C152.
Kabel
di
beberapa
pesawat diganti
dengan batang
atau rod. Kolom
kontrol dapat digerakkan dengan menaikan dan menurunkan elevator.
7
- 8. 2. Boosted Control System
Ini adalah sistem boost sederhana. Ketika pilot menggerakkan
kolom, tegangan pada kabel atau batang juga membuka katup yang
melepaskan tekanan dari pompa hidrolik atau pneumatik dengan
memperluas slave silinder yang membantu menggerakkan kendali. Kolom
kendali dapat dipindahkan dengan menaikkan dan menurunkan elevator
tapi ini membutuhkan tenaga yang lebih besar.
8
- 9. 3. Fly by Wire System
Tidak ada hubungan mekanik antara kolom dan permukaan kontrol
di sistem 'fly-by-wire'. Ada sensor pada kolom kontrol yang
mentransmisikan posisi kolom untuk aktuator. Aktuator kemudian
menggerakkan permukaan kontrol ke posisi defleksi kolom yang sesuai.
Sistem ini tidak reversibel. (Kolom kontrol tidak akan dipindahkan dengan
memindahkan permukaan kontrol). Sistem ini jauh lebih ringan daripada
sistem boost dan digunakan pada semua pesawat besar saat ini.
4. Tab Control System
Pada mulanya desainer pesawat besar
menghindari menggunakan boost kontrol,
seperti yang dijelaskan di atas. Sebagai
contoh pesawat DC-9 menggunakan actuated
control tab. Pada tab control system pilot hanya menggerakkan actuating
tab kecil pada tab kontrol yang besar. tenaga yang dihasilkan oleh tab
selanjutnya menggerakan kontrol utama. Ini adalah cara kerja yang sama
trim tab. Oleh karena itu, Anda bisa memikirkan sistem ini seperti trim tab
jika mereka terhubung ke roda kontrol bukan sistem kontrol terpisah.
Perhatikan bahwa dalam sistem tab terkontrol tidak ada hubungan
langsung antara kolom kontrol dan permukaan kontrol.
9
Tidak ada komentar:
Posting Komentar